Rabu, 29 Mei 2013

Infeksi Nosokomial



Kelompok 7

Pencegahan Dan Penanggulangan Infeksi Nosokomial

Definisi
Infeksi nosokomial adalah jenis infeksi yang terjadi di tempat-tempat kesehatan, seperti rumah sakit, klinik kesehatan, dan tempat sarana kesehatan lainnya. Tapi di rumah sakitlah biasa terjadi infeksi nosokomial.
Nama nosokomial adalah dari bahasa Yunani, dari kata nosos yang artinya adalah penyakit dan komeo yang artinya adalah merawat. Jadi, nosokomion berarti tempat untuk merawat pasien atau rumah sakit.
Infeksi adalah proses dimana seseorang yang dalam keadaan rentan (susceptible) terkena invasi agen patogen atau infeksius yang tumbuh berkembang biak dan menyebabkan sakit. Jadi, infeksi ini dapat diartikan sebagai infeksi yang terjadi di rumah sakit.

Rantai Penularan Infeksi Nosokomial
Ketika seorang pasien yang tubuhnya dalam keadaan lemah dan sangat rentan, disinilah awal terjadinya infeksi ini dikarenakan oleh sumber-sumber tertentu seperti kuman-kuman, bakteri, dan virus. Sumber infeksi ini akan tertular pada pasien yang rentan dan akhirnya pasien akan mendapatkan sakit tambahan.

Pola-pola penularan yang diketahui adalah sebagai berikut :
Penularan secara kontak.

Pola penularan ini terjadi karena adanya kontak langsung, kontak tidak langsung dan droplet. Kontak langsung biasa terjadi jika sumber infeksi berhubungan langsung dengan pasien, misalnya person to person. Kontak tidak langsung adalah pola penularan yang membutuhkan perantara (benda tertentu).
Benda tertentu ini yang telah terkontaminasi oleh infeksi seperti alat-alat medis. Hal ini terjadi karena benda mati tersebut telah terkontaminasi oleh infeksi mikroorganisme, misalnya kontaminasi peralatan medis dan peralatan yang lain, dari peristiwa itu bisa infeksi nosokomial.

             Penularan melalui udara dan inhalasi.

Jika mikroorganisme yang berukuran sangat kecil lalu mengenai pasien yang sedang dirawat dalam jarak yang cukup jauh melalui saluran pernapasan. Dan jika mikroorganisme itu adalah sel-sel kulit dari penderita TBC, maka jiga akan terjadi infeksi nosokomial.

             Penularan dengan perantara vektor.

Pola penularan secara eksternal meupun internal pada pasien sehingga dapat menyebabkan infeksi. Penularan eksternal adalah pemindahan mekanis dari mikroorganisme yang menempel pada vektor, misal mikroorganisme yang dibawa oleh lalat.
Penularan internal adalah pola penularan melalui vektor denga cara masuk ke dalam tubuh vektor dan bisa menyebabkan perubahan biologis. Contohnya parasit malaria pada nyamuk jika menggigit pasien maka bisa juga terjadi infeksi ini.

Pencegahan Dan Penanggulangan Infeksi Nosokomial
Ada beberapa cara untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan infeksi nosokomial ini, yaitu dengan menggunakan sarung tangan khusus ketika melakukan pembedahan tertentu pada pasien yang mengidap jenis penyakit menular, lalu dengan membersihkan tangan dengan larutan klorin setelah melakukan pembedahan, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan rumah sakit.
Berikutnya pola pencegahan dengan melakukan isolasi kepda pasien yang mengidap penyakit menular. Pada awalnya pola pencegahan dengan isolasi mengalami prosedur tertentu yang diberlakukan kepada pasien, seperti harus melakukan tes khusus, jika pasien memenuhi syarat sesuai kategori yang telah ditentukan, maka harus dilakukan isolasi terhadap pasien tersebut. Namun muncul kendala ketika dilakukan tes penyarungan pasien yang akan dilakukan isolasi diantara kendalanya adalah :

  • Jumlah infeksi dan jenisnya terjadi peningkatan, jadi tes yang harus dilakukan pun semakin bertambah, artinya semakin banyak pasien yang harus di isolasi.

  • Terjadi kelambatan hasil pada pemberitahuan hasil.

  • Menghabiska biaya yang besar jika semua pasien harus melalui tes saring isolasi.

  • Adanya ketidakwaspadaan pada petugas yang melakukan pengetesan, sehingga kadang hasil tesnya negatif padahal pasien positif memiliki peyakit menular. Dan sebaliknya yaitu hasil positif palsu atau hasilnya negatif tapi dinyatakan positif.

  • Harus ada konseling khusus mengenai apakah pasien bersedia atau tidak untuk di isolasi terutama untuk HIV/

  • Kendala yang lain adalah sulitnya menjaga kerahasiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar